Alang - Alang tanaman parasit yang dapat menyembuhkan beragam penyakit termasuk sipilis

Navigasi Info -   Tanaman Alang - Alang : Kaya Manfaat dalam Pengobatan Tradisional


Tanaman Alang-Alang (Imperata cylindrica L), yang dikenal sebagai Liyoh atau kesih dalam bahasa daerah Lampung dan serumpunnya seperti Komering dan Ranau, merupakan tanaman yang tersebar luas di seluruh Nusantara.

Alang - Alang tanaman parasit yang dapat menyembuhkan beragam penyakit termasuk sipilis
Alang - Alang tanaman parasit yang dapat menyembuhkan beragam penyakit termasuk sipilis


Dengan ciri fisik yang mirip dengan padi atau gandum serta tingginya mencapai sekitar 1 meter, Alang-Alang memiliki potensi untuk menyebabkan gatal pada tubuh jika bersentuhan langsung.

Meskipun tergolong sebagai tanaman parasit, Alang-Alang sering dimanfaatkan sebagai pakan ternak, terutama untuk kambing atau sapi. Namun, manfaatnya tidak hanya terbatas pada itu saja.

Dalam bidang kesehatan, Alang-Alang memiliki potensi sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit seperti panas dalam, kencing nanah (sipilis), dan radang paru-paru.

Mengobati Panas Dalam: Rebus akar Alang-Alang dan minumkan kepada orang yang mengalami demam atau panas dalam. Penambahan madu pada rebusan akar Alang-Alang dapat meningkatkan khasiatnya, karena diketahui bahwa rebusan Alang-Alang mengandung sifat anti piretik.

Mengobati Sipilis atau Kencing Nanah (Genore): Potong kecil akar Alang-Alang dan rebus dengan dicampur gula batu. Setelah rebusan dingin, dapat diminumkan kepada penderita sipilis secara rutin hingga penyakit tersebut sembuh.

Mengobati Radang Paru-Paru: Potong kecil-kecil akar Alang-Alang, lalu rebus dan dinginkan. Minumkan air rebusan akar Alang selama 8 hari. Jika tidak terjadi perubahan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Dengan khasiatnya yang telah terbukti dalam pengobatan tradisional, tanaman Alang-Alang menjadi sumber harapan bagi banyak orang dalam mengatasi berbagai penyakit. 

Tumbuhan ini biasa hidup berkelompok menyebar rata - rata dapat di temukan dengan mudah di seluruh Nusantara .

Ciri fisik tanaman Alang - Alang mirip dengan padi atau gandum dan tinggi nya sekitar 1 meteran dan dapat membuat gatal tubuh jika bersentuhan dengan Alang - Alang .

Tanaman ini tergolong sebagai parasit tapi walaupun begitu tanaman ini sering dimanfaatkan perternak untuk pakan ternaknya seperti untuk pakan kambing atau sapi .

Selain itu tanaman ini mempunyai manfaat lain dibidang kesehatan dapat di gunakan untuk menyembuhkan penyakit seperti :




Mengobati panas dalam


Rebuslah akar Alang - Alang dan minumkan kepada orang yang terkena demam atau panas dalam lebih berkhasiat lagi jika rebusan air rebusan akar Alang - Alang di tambahkan madu sebagaimana kita tahu air rebusan Alang - Alang mengandung anti piretik.

Mengobati sipilis atau kencing nanah ( genore )


Sifilis adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri spiroset Treponema pallidum sub-spesies pallidum. Rute utama penularannya melalui kontak seksual; infeksi ini juga dapat ditularkan dari ibu ke janin selama kehamilan atau saat kelahiran, yang menyebabkan terjadinya sifilis kongenital.

Cara mengobati nya dengan akar Alang -  Alang Potong kecil akar  Alang - alang dan rebus dengan dicampurkan gula batu setelah rebusan akar Alang - Alang itu menjadi dingin dapat digunakan untuk diminumkan kepada yang terkena sipilis tersebut dalam catatan harus meminumnya dengan rutin sampai sipilis ( penyakit raja singa ) itu benar - benar sembuh .

Akar Alang - Alang juga dapat menyembuhkan radang paru - paru


Potong kecil - kecil akar Alang - Alang tersebut lalu di rebus dan dinginkan minumkan air rebusan akar Alang itu selama 8 hari jika tidak ada perubahan lebih baik ke dokter.

Mungkin segini saja artikel saya kali ini semoga bermanfaat dan dapat membantu teman - teman pembaca

navigasiin
navigasiin navigasiin adalah portal Situs Berita Berbahasa Indonesia yang menyajikan berita terkini terpercaya sebagai petunjuk inspirasi anda

Posting Komentar untuk "Alang - Alang tanaman parasit yang dapat menyembuhkan beragam penyakit termasuk sipilis"