Kekurangan dan Kelebihan Kayu Sungkai untuk furnitur

Navigasi Info - Tanaman Sungkai atau sering juga di sebut jati sebrang ini sekarang jadi bahan pembicaraan dikarena rumor yang beredar bahwa Sanya daun Sungkai dapat menjadi obat untuk menyembuhkan penyakit Corona.

Kekurangan dan Kelebihan Kayu Sungkai untuk furnitur
Kekurangan dan Kelebihan Kayu Sungkai untuk furnitur

Selepas benar atau tidak nya memang daun Sungkai sering digunakan leluhur kita untuk menjadi obat herbal seperti untuk menyembuhkan demam , sakit kepala ,sakit gigi , meningkatkan kesuburan wanita , dan dipakai untuk mengobati penyakit disebabkan jamur seperti panu .

selain itu tanaman Sungkai ini menarik untuk di bahas karena namanya sering di jadikan nama tempat bahkan menjadi nama klan sebut saja Sungkai di perak Malaysia , Sungkai di Kalimantan dan juga Sungkai juga menjadi nama salah satu klan di Lampung ( Lampung Sungkai ).

Sedangkan pohon Sungkai sering kita jumpai di pinggiran sungai karena memang tanaman ini tumbuh subur di tanah yang cukup kandungan air ,  tanaman Sungkai tumbuh subur di Sumatra , Jawa barat , Kalimantan dan sulawesi.

Ketinggian pohon Sungkai dapat mencapai 30 meter dari tanah berdiameter sampai 1 meter lebih dan termasuk salah satu tanaman yang kayunya kuat yang pastinya mantap jika dipakai menjadi bahan baku furnitur .

Dibidang furnitur kayu Sungkai telah terkenal kualitasnya karena kayu ini masuk jajaran kayu yang berkelas , kayu Sungkai termasuk jajaran kelas awet ke 2 , dewasa ini beberapa perusahaan memanfaatkan kayu Sungkai menjadi bahan baku pembuatan veener dikarenakan corak kayu Sungkai ini sangat menonjol dan indah di lihat.

Dari berbagai kelebihannya pasti ada kekurangannya oleh sebab itu kita telah berusaha merangkumnya dari beberapa sumber seperti dibawah ini mari kita kupas bersama.

Kelebihan dan Kekurangan kayu Sungkai 

Kayu sungkai memiliki beberapa plus minus sama halnya dengan bahan kayu lain jika kita buat menjadi beberapa furnitur yang mana sebagai berikut :

Kelebihan kayu Sungkai

Ada beberapa kelebihan kayu sungkai jika kalian ingin membuat nya menjadi perabotan atau pun furnitur yang mana sebagai berikut :

  1. Kayu Sungkai memiliki serat kayu yang indah dan menonjol sangat bagus jika digunakan untuk membuat furnitur seperti lemari.
  2. Kayu Sungkai memiliki ketahanan yang kuat dalam artian awet dan berkelas cocok sekali untuk dibuat lemari , meja dan furnitur lainnya.
  3. Mudah di bentuk dalam artian lainnya kayu Sungkai mudah dibuat untuk berbagai furnitur tanpa banyak menghabiskan tenaga.
  4. Dalam segi harga kayu Sungkai lebih murah dari kayu jati tapi dengan kualitas dan tampilan yang tidak kalah dari jati karena kayu Sungkai mempunyai corak yang khas.


Kekurangan kayu Sungkai 

Kayu sungkai juga memiliki beberapa kelemahan yang sama seperti kayu lain yaitu sebagai berikut :

  1. Kayu Sungkai memiliki kelemahan tidak kuat terhadap serangga seperti rayap tapi masih dapat di atasi dengan merendamnya dilarutkan anti serangga.

Kesimpulan


Menurut pengamatan kita kayu Sungkai sangat cocok dibuat jadi furnitur selain memiliki corak yang khas dan indah kayu Sungkai juga termasuk kayu yang awet dalam segi harga juga masih di bawah kayu jati

Harga


Untuk harga daun Sungkai saat ini per 250 gram nya seharga 25 ribu sampai 50 ribu rupiah dapat di beli secara online.

Sedangkan untuk harga kayu Sungkai yang log berkisaran 4 juta sampai 5 juta  .

Untuk harga kayu Sungkai olahan sawn timber berkisaran 7 juta sampai 8 juta bahkan bisa lebih tergantung kualitasnya.

Sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi kalian .

Jual Furnitur 

furniture Set Furniture Bufet Cermin Bulat
furniture Set Furniture Bufet Cermin Bulat


Nama Produk: furniture Set Furniture Bufet Cermin Bulat
Harga Produk: Rp3.850.000

Jika tertarik untuk membelinya tekan tombol beli dibawah :



Atau  klik link dibawah ini : 

navigasiin
navigasiin navigasiin adalah portal Situs Berita Berbahasa Indonesia yang menyajikan berita terkini terpercaya sebagai petunjuk inspirasi anda

Posting Komentar untuk "Kekurangan dan Kelebihan Kayu Sungkai untuk furnitur"