Kekurangan dan Kelebihan Kayu Nyatoh

Navigasi Info - tanaman nyatoh mempunyai banyak nama seperti pulai Pipit , balam , nyatoh dan nagasari yang bernama ilmiah palaquim sp.
Kekurangan dan Kelebihan Kayu Nyatoh
Kekurangan dan Kelebihan Kayu Nyatoh

Pohon nyatoh dapat tinggi 20 M sampai 30 M dari permukaan tanah dan diameter maksimal mencapai 120cm , tanaman nyatoh tumbuh subur di tiga negara yaitu Malaysia , Indonesia dan Thailand.

Manfaat tanaman nyatoh


Buah dan bunga tanaman nyatoh


Buah tanaman nyatoh beberapa orang memanfaatkan buah dari tanaman nyatoh untuk dimakan walaupun saya sendiri belum pernah mencobanya tapi menurut orang yang pernah memakan buah tanaman nyatoh mengatakan enak dimakan jika dimasak.

Sedangkan untuk kembang / bunga tanaman nyatoh dipercaya mampu mengobati penyakit diare dan segelintir orang menggunakan sebagai aroma terapi.

Kayu tanaman nyatoh


Kayu Tanaman nyatoh salah satu kayu yang diburu di pasaran sehingga membuat kayu ini masuk salah satu list tanaman kayu yang akan punah.

Sedangkan dalam pemanfaatannya kayu nyatoh sering dipergunakan untuk bahan dasar pembuatan perahu , kusen , plywood dan furnitur seperti kursi , lemari , meja dan sebagainya.

Dari kualitas kayu keawetan kayu nyatoh kurang bagus kayu nyatoh termasuk salah satu kayu yang ringan sama seperti kayu Pinus tapi kayu nyatoh ini tahan terhadap serangan rayap.

Ciri - ciri kayu nyatoh


Kayu nyatoh mempunyai serat kayu yang lurus dengan tekstur permukaan yang licin dan halus dengan corak warna kayu kecoklatan  serta tahan terhadap serangan rayap .

Untuk kekurangan dan kelebihan kayu nyatoh telah kami rangkum dari berbagai sumber seperti dibawah ini.

Kelebihan dan kekurangan kayu nyatoh


Kelebihan kayu nyatoh



  1. Harga jual tinggi
  2. Mempunyai corak dan warna kayu yang khas sehingga banyak di cari
  3. Tahan terhadap rayap tapi tidak seperti kayu jati yang dapat memproduksi minyak anti serangga sendiri


Kekurangan kayu nyatoh



  1. Termasuk kayu yang kurangan awet 
  2. Mudah pecah memerlukan teknik khusus saat mengolahnya
  3. Rentan terhadap jamur 
  4. Tanaman nyatoh termasuk dalam list tanaman langka sehingga kalian harus mengetahui dulu spesie tanaman nyatoh mana saja yang belum terancam jika tidak bikin repot
  5. Mudah terkena jamur sehingga perlu pengolahan khusus untuk mengatasinya


Harga jual kayu nyatoh


Harga kayu nyatoh
Harga kayu nyatoh

Harga untuk kayu nyatoh saat ini yang beredar di internet pada tahun 2020 dan harga dapat berubah sewaktu waktu .

Tanaman nyatoh termasuk tanaman yang terancam sehingga untuk memanfaatkannya kalian harus tahu spesie ( golongan tanaman ) nyatoh apa saja yang dapat di perjual belikan selain itu juga kalian harus mendukung galangan pelestarian tanaman nyatoh seperti pengambilan kayu secara legal dan penanaman 1000 pohon nyatoh di setiap pengambilan 10 batang pohon nyatoh.

Semoga bermanfaat dan jaga lingkungan kita karena sumber alam dan lingkungan  kita ini titipan gernerasi setelah kita
navigasiin
navigasiin navigasiin adalah portal Situs Berita Berbahasa Indonesia yang menyajikan berita terkini terpercaya sebagai petunjuk inspirasi anda

Posting Komentar untuk "Kekurangan dan Kelebihan Kayu Nyatoh"