Benarkah kemenyan selalu digunakan dalam hal yang berbau mistis ?

Navigasi Info - pemanfaatan getah kemenyan telah lama digunakan oleh leluhur kita di Nusantara ini khususnya di daerah Asia tenggara untuk berbagai hal ritual mistis .

pemanfaatan getah kemenyan
pemanfaatan getah kemenyan

Selain itu pemanfaatan kemenyan ini telah lama di gunakan oleh manusia semenjak 5000 tahun lalu khususnya di wilayah timur tengah dan Afrika Utara yang mana menjadi komoditas yang telah diperjual belikan seperti yang terdapat pada mural di peradapan Mesir kuno yang menunjukan karungan menyan di beli dari wilayah tanah punt seperti tergambar pada mural tersebut.


Kemenyan sendiri diperoleh dari getah tanaman pohon kemenyan yang mana tanaman ini tumbuh subur di wilayah Nusantara tak kecuali di Indonesia , untuk di Indonesia sendiri pohon kemenyan banyak dibudidayakan di wilayah provinsi Sumatra Utara.

Walaupun di Indonesia khusus nya mengenal getah kemenyan ini untuk di gunakan berbagai metodo ritual mistis tapi tahu kah kalian bahwa Sanya kemenyan ini juga memiliki berbagai fungsi lain baik untuk kesehatan ataupun teknologi yang mana telah kita rangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

Pemanfaatan kemenyan dalam bidang kesehatan.


Kemenyan dapat mengobati berbagai penyakit mulut


Getah kemenyan mengandung saponin serta polifenol yang mana dapat berfungsi menjadi antioksida yang baik bagi tubuh.

Sehingga kemenyan dapat mengobati penyakit herpes mulut dan juga dapat mengobati gusi bengkak ( sakit gigi ) yang mana dapat menyiksa kalian lebih dari putus cinta 😂😂😂

Kemenyan dapat menjadi antiseptik


Sebagai mana yang kita ketahui bahwa antiseptik dapat membunuh bakteri serta mikro organisme yang terdapat pada tubuh serta kulit kalian sehingga kalian terhindar dari bakteri maupun virus yang berbahaya , selain itu antiseptik pada getah kemenyan aman digunakan untuk jenis kulit apapun.

Kemenyan dapat menghentikan pendarahan ringan dan obat kulit


Efek antiflamasi ( antiperadangan ) pada kandungan kemenyan mampu mencegah serta mengobati infeksi pada kulit .

Sehingga tidak heran beberapa obat farmasi menggunakan campuran kemenyan untuk mengobati pendarahan ringan serta mengobati pembekakan pada luka .

Obat dengan campuran getah kemenyan juga dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit kulit seperti kulit pecah , jerawat serta mencegah penuan dini.

Kemenyan dipercaya untuk mengobati flu diakibatkan dahak


Kemenyan dapat menjadi dekongestan yang mana berfungsi untuk mengeluarkan dahak pada tenggorokan maupun saluran pernafasan.

Selain itu kemenyan juga mengandung antiperadangan sehingga banyak obat seperti obat flu , obat batuk dan radang tenggorokan menggunakan campuran getah kemenyan untuk bahan dasar pembuatannya.

Kemenyan dapat digunakan sebagai aroma terapi


Hal ini telah lama dipercaya dan digunakan umat manusia untuk menjadikan kemenyan sebagai aroma terapi penghilang stress yang mana bau dihasilkan dari Bakaran kemenyan tersebut membuat tenang pikiran kita.

Sehingga tidak heran para leluhur kita sering melakukan pembakaran menyan dalam ritual peribadahan supaya mendapat ketengan dalam menjalankan ibadah mereka.

Kemenyan bermanfaat dalam bidang teknologi dan kecantikan


Kemenyan digunakan untuk bahan dasar pembuatan kosmetik


Di dunia industri kecantikan getah dari tanaman pohon kemenyan ini telah lama digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik yang mana dikenal dengan benzoin.

Benzoin adalah hasil ekstrak bongkahan kristal getah kemenyan menjadi bubuk halus ( bubuk kemenyan ) , sehingga tak heran bahwa Sanya kemenyan selalu diburu oleh produsen kosmetik ternama baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Kemenyan gunakan untuk mencegah karat


Bilah senjata tajam yang diasapi oleh asap kemenyan bilah besinya akan lebih awet dari serangan karat disebabkan asap dari getah kemenyan tersebut akan menyelimuti dan merekat pada bilah besi tersebut sehingga bilah besi senjata terlindungi dari karat.

Hal ini lah yang membuat para leluhur kita sering membakar menyan untuk senjata tajam mereka agar tidak terkena karat walaupun dewasa ini sering di salah artikan oleh kita ke arah yang mistis.

Kemenyan digunakan untuk pewangi ruangan


Kemenyan ini mempunyai wangi yang khas serta lama hilang sehingga beberapa orang dahulu menggunakan kemenyan sebagai pewangi ruangan.

Selain menghasilkan wangi yang khas kemenyan juga menghasilkan bau yang menenangkan sehingga tak heran para leluhur kita sering membakar kemenyan saat melakukan berbagai acara dan ritual.

Walaupun terkadang kita malah menyalah artikan hal itu di kegiatan mistis , sebenarnya hal ini adalah pengetahuan leluhur kita yang disalah artikan oleh orang kita.

Sebenarnya kemenyan ini suatu pengetahuan serta teknologi yang telah lama dikenal oleh leluhur kita walaupun untuk menjelaskannya mereka kurang paham sehingga hal itu membuat kita  salah paham bahwa kemenyan hanya digunakan hal mistis.

Harga kemenyan


Sedangkan untuk nilai ekonomisnya sendiri kemenyan termasuk mempunyai nilai jual yang lumayan tak heran beberapa membudidayakannya untuk mendapatkan keuntungan.

Untuk saat ini harga kemenyan dipasaran Rp 30.000 - 200.000 perkilogram bahkan ada sampai seharga Rp 2.000.000 perkilonya jika berkualitas unggul kalian jual di luar negeri. 

Harga tersebut dapat berubah sewaktu itu hanya sebatas gambaran saja.

Jual kemenyan 

Kemenyan
Kemenyan


Nama ilmiah: Boswellia sacra
Negara Asal: Oman
Aroma: Beraroma manisnya vanilla, amber, mentol dan juga pinus.

Kemenyan terbaik dunia, Premium Black Hojari, awalnya hanya tersedia untuk Sultan Oman dan petinggi kerajaan lainnya. "Hujari" atau "Hojari" datang langsung dari daerah yang terletak di Kesultanan Oman yang disebut "Hogar" dalam bahasa penduduk setempat. Daerah ini adalah tanah paling terkenal untuk memproduksi jenis kemenyan terbaik di dunia tanpa pesaing.

Resin ini berwarna giok yang indah memiliki aroma halus dan halus, dengan buket kompleks yang berisi aroma dari vanilla, amber, jeruk, pinus, dan madu. 

Petunjuk Penggunaan:

Bakar 1 blok arang briket dengan api (blowtorch lebih baik) sampai seluruh permukaan arang mengeluarkan abu putih. Letakkan potongan kecil frankincense yang akan digunakan ke atas bara api.

Harga Produk : Rp. 51.000



Atau klik link produk dibawah :

Jika kalian ingin menambahkan dapat berkomentar dibawah semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.
navigasiin
navigasiin navigasiin adalah portal Situs Berita Berbahasa Indonesia yang menyajikan berita terkini terpercaya sebagai petunjuk inspirasi anda

Posting Komentar untuk "Benarkah kemenyan selalu digunakan dalam hal yang berbau mistis ? "