Kandungan serta manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan

Navigasi Info - obat herbal dewasa ini lebih sangat populer di gunakan sebab dari segi efek samping maupun kesembuhan khasiatnya lebih terjamin serta aman untuk tubuh.

Kandungan serta manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan
Kandungan serta manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan

Apa lagi di tanah kita Indonesia ini terdapat banyak tanaman herbal yang dapat kita gunakan untuk pengobatan yang telah turun temurun di ajarkan oleh para leluhur kita.

Salah satunya tanaman herbal yang sering digunakan untuk mengobati beragam penyakit yang telah diajarkan oleh pendahulu kita ialah tanaman kumis kucing ( orthosiphon aristatus ) .

Tanaman kumis kucing masuk golongan tanaman labiatie yang mana tanaman ini tumbuh subur di kawasan Indonesia dengan berbagai sebutan yaitu tanaman kumis kucing , remujung , songkot kuceng , dan salaseyan.

Tanaman kumis kucing memiliki bunga yang cukup khas atau unik dengan warna bunga berwarna putih disertai bulu panjang mirip kumis kucing , tanaman kumis kucing telah di kenal lama di Asia khususnya Asia tenggara dan sering dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk dijadikan minuman teh maupun menjadi obat herbal.

Sedangkan kandungan zat tanaman kumis kucing yang bermanfaat bagi tubuh antara lain sebagai berikut.

Kandungan kumis kucing yang dapat dijadikan obat herbal



  1. Orthosiponin glycosides
  2. Kalium
  3. Flavonoid
  4. Antioksidan
  5. Antiinflamasi
  6. Berberine
  7. Manocolin
  8. Policosanols
  9. Sapofonin
  10. genkosid ortosifonin
  11. Minyak atsiri


Kandungan diatas dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti berikut.

Manfaat tanaman kumis kucing sebagai obat herbal 


Tanaman kumis kucing dapat menyembuhkan penyakit saluran kemih dan batu ginjal  


Dalam kandungan kumis kucing terdapat orthosiponin glycosides yang mana dipercaya dapat menyembuhkan penyakit tersumbatnya saluran kemih.

Hal  ini di perkuat dengan fungsi orthosiponin glycosides yaitu untuk melarutkan asam oksalat , asam urat serta fosfor yang mana itu dapat menyumbat saluran kemih.

Ditambah lagi tanaman kumis kucing juga mengandung kalium yang mana berfungsi juga untuk mengatasi penyumbatan pada batu ginjal.

Kumis kucing dipercaya dapat menyebutkan rematik 


Kandungan flavonoid pada tanaman kumis kucing berkhasiat untuk penyembuhan penyakit rematik.

Untuk mengobatinya terbilang simpel kalian cukup melalap tanaman kumis kucing tanpa dimasak , tak heran bahwa Sanya tanaman kumis kucing juga sering di ekstrak untuk campuran obat farmasi penyembuh penyakit rematik.

Kumis kucing menyembuhkan penyakit darah tinggi 


Policosanols , berberine , serta manocolin yang terdapat pada kandungan tanaman kumis kucing bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Hal ini disebabkan Policosanols , berberine , serta manocolin  bersifat antioksidan dan antiinflamasi .

Sehingga tak jarang berbagai suplemen untuk menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi menggunakan ekstrak dari tanaman kumis kucing .

Tanaman kumis kucing dapat menyembuhkan diabetes


Tanaman kumis kucing mengandung minyak Atsiri , Saponin serta genkosid ortosifonin yang mana dipercaya mampu menurunkan kadar gula pada darah.

Sebagai mana yang kita ketahui penyebab terjadinya penyakit diabetes ialah terdapat kadar gula yang tinggi pada darah.

Sehingga jika kita mengonsumsi obat ekstrak tanaman kumis kucing mampu menyembuhkan penyakit diabetes.

Tanaman kumis kucing dipercaya mengobati penyakit jamur 


Tanaman kumis kucing dipercaya oleh berbagai masyarakat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit jamur pada kulit.

Kalian dapat menggunakan bunga dari tanaman kumis kucing dengan menggosokkannya di permukaan kulit yang terkena penyakit jamur seperti panu , kadas dan kurap.

Harga kumis kucing


Untuk kumis kucing segar dengan berat 500 gram dipasaran di jual dengan harga Rp 15.000 sedangkan untuk harga bibit kumis kucing Rp 12.000 per polibag harga ini kita survey pada tanggal 17 September 2020.

Itulah manfaat serta kandungan yang terdapat pada tanaman herbal kumis kucing jika kalian ingin menambahkan serta berbagi pengetahuan soal tanaman kumis kucing ini dapat berkomentar dibawah.

Terima kasih telah berkunjung dan semoga artikel kita bermanfaat untuk kalian.
navigasiin
navigasiin navigasiin adalah portal Situs Berita Berbahasa Indonesia yang menyajikan berita terkini terpercaya sebagai petunjuk inspirasi anda

Posting Komentar untuk "Kandungan serta manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan"