Kelebihan , Kekurangan dan Pemanfaatan Kayu Sonokeling

Navigasi Info - apa kalian pernah mendengar kayu sonokeling ? Salah satu kayu yang kuat dengan corak kayu yang indah tak kalah dengan kayu jati.

Kelebihan , Kekurangan dan Pemanfaatan Kayu Sonokeling
Kelebihan , Kekurangan dan Pemanfaatan Kayu Sonokeling

Jujur saja saya juga baru mengetahui ada nya kayu ini sebab tanaman sonokeling sendiri termasuk salah satu kayu yang terancam punah di akibatkan maraknya penebangan liar dan juga untuk membudidayakannya termasuk membutuh waktu yang lama sama seperti pohon jati untuk memanennya butuh waktu 20-50 tahun lebih.

Tanaman SonoKeling sendiri masuk dalam golongan tanaman fabaceae yang tumbuh liar di kawasan hutan pulau Jawa dan jarang orang untuk membudidayakan tanaman sonokeling, hal ini disebabkan tanaman sonokeling menyerap banyak air dan hara di kawasan mereka hidup.

Menurut para petani dahulu tanaman Sono Keling ini hanya dianggap sebagai hama saja oleh sebab itu juga tak jarang para petani selalu mencabut atau mematikan tanaman sonokeling yang tumbuh dilahan pertanian mereka.

Pohon sonokeling tingginya dapat mencapai 50 meter dari tanah dengan diameter batang kayu mencapai 2 meter dan tubuh liar dikawasan wilayah yang lembab dengan drainase yang baik.

Manfaat kayu sonokeling


Sebagaimana kita ketahui dalam segi kekuatan dan keawetan kayu sonokeling tak bisa diremehkan sebab kayu sonokeling masuk dalam jajaran kayu awet kelas 1 sama hal dengan kayu jati.

Kayu sonokeling sering dimanfaatkan masyarakat untuk dijadikan furniture seperti lemari , meja belajar , kursi dan lainnya.

Tak jarang juga beberapa orang menggunakan kayu sonoKeling untuk dijadikan alat musik seperti piano , gitar dan biola hal ini disebabkan kayu sonokeling mempunyai corak kayu yang khas nan indah memberikan kesan yang eksklusif dan mewah pada alat musik tersebut.

Selain itu pula tak jarang juga kayu sonokeling ini digunakan sebagai bahan pembuatan alat olahraga seperti stik bilyar , baseball dan lainnya.

Untuk kekurangan dan kelebihan kayu sonokeling yang mana telah kita rangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

Kelebihan dan kekurangan kayu sonokeling 


Kelebihan kayu sonokeling


Kayu sonokeling mempunyai corak kayu yang indah


Hal utama mengapa kayu sonokeling diburu oleh para pencinta furniture dan olah kayu ialah keindahan corak kayu pada kayu sonokeling .

Yang mana corak kayu sonokeling mempunyai corak warna merah , hitam, kuning dan keunguan yang berpadu pada serat kayunya menghasilkan corak warna kayu yang khas dan eksklusif berkesan lebih mewah serta berkelas.

Kayu sonokeling tahan jamur dan rayap


Kayu sonokeling terkenal kuat dan awet disebabkan kayu sonokeling tahan terhadap serangan jamur dan rayap tanpa kalian harus memberi zat kimia untuk mengawetkan nya.

Hal ini disebabkan getah alami pada kayu sonokeling mempunyai fungsi anti rayap ( serangga ) dan juga jamur sama hal dengan kayu jati.

Tak heran kayu sonokeling masuk dalam jajaran kayu kelas 1 yang diburu banyak orang.

Kayu sonokeling kayu berkualitas yang harganya lebih murah dari kayu jati


Dari segi harga kayu sonokeling terbilang kayu yang murah jika dibandingkan dengan kayu yang berkualitas no. 1 seperti kayu jati.

Walaupun banyak keunggulan tapi harganya cukup ringan dibandingkan harus membeli kayu jati.

Kekurangan kayu sonokeling


Kayu sonokeling memerlukan waktu yang lama untuk dipanen


Seperti hal kayu kuat lainnya kayu sonoKeling juga memerlukan waktu yang cukup lama untuk dipanen yaitu kisaran 20-60 tahun dari masa penanaman.

Kayu sonokeling sulit untuk mendapatkannya


Kayu sonokeling termasuk jarang kita temui disebabkan masa panennya yang lama dan juga masih jarang orang yang membudidayakan tanaman sonokeling ini.

Ditambah lagi jika kalian ingin memanfaatkannya kalian harus mengurus perizinan dan membudidayakannya disebabkan pohon sonokeling termasuk tanaman yang akan punah.

Kayu sonokeling mempunyai warna yang lebih gelap


Beberapa orang tidak menyukai corak kayu yang gelap seperti kayu sonokeling ini jika kalian mengharapakan warna kayu yang cerah seperti jati sepertinya kayu sonokeling bukan pilihan kalian karena kayu dihasilkannya dominan berwarna gelap.

Harga kayu sonokeling


Daftar harga kayu sonokeling
Daftar harga kayu sonokeling

Untuk harga saat ini kalian dapat lihat daftar harga diatas harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu akan tetapi itu dapat menjadi gambaran kalian untuk membeli ataupun menjual kayu sonokeling. 

Itulah kekurangan maupun kelebihan kayu sonokeling jika kalian ingin menambahkannya kalian dapat berkomentar dibawah dan terima kasih telah berkunjung.
navigasiin
navigasiin navigasiin adalah portal Situs Berita Berbahasa Indonesia yang menyajikan berita terkini terpercaya sebagai petunjuk inspirasi anda

Posting Komentar untuk "Kelebihan , Kekurangan dan Pemanfaatan Kayu Sonokeling"